Kopi Specialty di Indonesia: 6 Coffee Shop Yang Wajib Kamu Coba

Di negara besar dan beraneka ragam seperti Indonesia, ada sangat banyak coffee shop yang sangat luar biasa dan ini akan terlihat mustahil untuk memilih 6 coffee shop "terbaik" secara objektif. Sebaliknya, kami telah memilih 6 coffee shop terfavorit menurut pribadi kami, yang tempatnya tersebar di beberapa kota besar di Indonesia. Setiap coffee shop yang ada di dalam daftar ini antara jasa roasting dan menyajikan kopi Indonesia yang berkualitas tinggi secara konsisten, dan masing-masing akan memberikan kamu wawasan yang berbeda.

1. Tanamera Coffee


Sulit rasanya untuk tidak terkesan dengan salah satu coffee shop yang satu ini. Fokus dari coffee shop ini adalah kopi specialty Indonesia, yang mana ketika di roasting pada mesin roasting Wiesen W60 oleh John Lee yaitu pecinta dibalik brand ini. Karyanya di Tanamera Coffee telah memenangkan beberapa pengharagaan, termasuk Champion International Roaster di Australia International Coffee Award (AICA) 2015 dan 2016. Jika kamu melihat coffee shop ini, singgahlah sejenak untuk menikmati kopi di coffee shop yang penuh dengan tema karakter khas 3 warna merah ini di Jakarta dan kamu akan mengerti kenapa coffee shop ini menjadi daftar pertama favorit kami.

Suasananya bernuansa perkotaan dan sangat sempurna untuk hang-out bersama teman-teman kamu. Tanamera Coffee menawarkan kopi Sumatra (Mandheling), Aceh Gayo, Solok (honey process) dan Minang Solok. Untuk kopi Jawa tersedia Malabar dengan full-washed process, natural dan honey process. Kopi Bali (Kintamani), kopi Flores dengan honey process, kopi Papua (Wamena) dan kopi Sulawesi (Toraja). Yang wajib kamu coba adalah kopi Malabar dari Jawa Barat dengan honey process nya, kopi ini yang memenangkan 3 penghargaan di tahun 2016 dan 1 penghargaan di tahun 2015

Lokasi Tanamera Coffee:

Tanamera Coffee Thamrin (Thamrin City Office Park)
Alamat: Jln. Kebon Kacang Raya Blok AA07, Thamrin Jakarta Pusat 10230
Jam Buka: 07:00 - 20:00 WIB

Tanamera Coffee Serpong (Summarecon Scientia Square Park)
Alamat: Jalan Scientia Boulevard No. #GV-09, Serpong Tangerang 15810
Jam Buka: 10:00 - 22:00 WIB (Senin-Jumat) dan 07:00 - 22:00 WIB (Sabtu-Minggu)

Tanamera Kebayoran
Alamat: Jalan Ahmad Dahlan no.16 Jakarta Selatan 12130
Jam Buka: 06:30 - 22:00 WIB (Senin-Minggu)

Tanamera Coffee One Pacific Place (Lobby One Pacific Place)
Alamat: Jalan Jend. Sudirman Kav 52-53 SCBD, Level B1 Jakarta 
Jam Buka: 07:00 - 22:00 WIB (Senin-Minggu)

Tanamera Coffee Pantai Indah Kapuk (Pantai Indah Kapuk)
Alamat: Ruko Gallery 8 No. EK-EL Jl. Pantai Indah Utara 2, Pantai Indah Kapuk, Jakarta 14470
Jam Buka: 07:00 - 23:00 WIB (Senin-Minggu)

Website: http://www.tanamaeracoffee.com

2. Anomali Coffee


Coffee shop ini tidak hanya menyediakan kopi Indonesia yang luar biasa, mereka juga mengajarkan kamu tentang kopi. Akademi Kopi Indonesia mereka tentunya diarahkan oleh salah satu trainer mereka bernama Hagi yang memenangkan Indonesia Cup Tasters Championship 2015. Di setiap hari Kamis pukul 15:00 WIB adalah waktu yang tepat untuk kamu kesana, karena mereka melakukan coffee cupping gratis untuk semua kopi baru yang mereka sediakan. Dengan seduhan yang luar biasa dan berfokus pada edukasi, apa alasan yang membuat tidak suka pada Anomali Coffee?

Suasananya menyenangkan dan penuh kehangatan orang-orang yang ada disana. Anomali Coffee menawarkan kopi Papua (Wamena), kopi Jawa, kopi Sulawesi (Toraja), kopi Sumatra (Mandheling), Aceh Gayo (organik), Kopi Flores (Bajawa) dan kopi Bali (Kintamani). Kamu harus mencoba mengunjungi coffee shop ini  di setiap hari Kamis pukul 15:00 WIB untuk coffee cupping gratis untuk semua kopi baru yang mereka sediakan.

Lokasi Anomali Coffee:

JAKARTA: 

Anomali Coffee Senopati (Training Centre)
Alamat: Jalan Senopati No. 19 Kebayoran Baru, Jakarta Selatan

Anomali Coffee Kemang (Roasting Facility)
Alamat: Jl. Kemang Raya No. 72 Unit G Jakarta 12730

Anomali Coffee Setiabudi One
Alamat: Jl. HR Rasuna Said Kav 62 Karet Setiabudi, Jakarta Selatan

Anomali Coffee Menteng
Alamat: Jln Teuku Cik Ditiro No. 52 Menteng, Jakarta Pusat 

BALI:

Anomali Coffee Ubud (Training Centre)
Alamat: Jalan Raya Ubud No. 88 Gianyar, Bali. Indonesia

Anomali Coffee Dewi Sri (Roasting Facility)
Alamat: Bali White House. Jl. Dewi Sri No.23

Website: http://www.anomalicoffee.com

3. Kopikina


Coffee shop yang satu ini memiliki penghormatan yang ambisius untuk kopi Indonesia, dengan menawarkan lebih dari 60 origin kopi yang berbeda-beda. Tidak peduli berapa kali kamu ke coffee shop yang satu ini, kamu akan terikat untuk menemukan kopi baru untuk dicoba, jadikan ini salah satu coffee shop yang wajib kamu datangi jika kamu ingin mendapatkan pengalaman dalam profi rasa kopi yang berbeda.

Tapi tidak hanya itu yang kamu dapatkan di Kopikina. Pemilik yang bernama Cornelius Swangga telah mendekorasi tempatnya dengan hobi vintage nya. Nikmati seduhan yang belum pernah kamu rasakan sebelumnya sambil melihat-lihat kamera analog, fotografi hitam putih, dan vinyl players yang terpajang cantik di coffee shop itu. Ini adalah cara terbaik untuk menghabiskan sore harimu. Suasananya seperti sebuah surga untuk para pecinta kopi. Tanyakan kepada barista yang ada disana untuk merekomendasikan kopi dengan rasa yang unik yang belum pernah kamu coba sebelumnya.

Lokasi Kopikina:

Kopikina Tebet
Alamat: Jalan Kh. Abdullah Syafi’ie 21B, Tebet, Daerah Khusus Ibukota Jakarta

Website: http://www.kopikina.id

4. SF Roastery - Coffee Lab


Coffee shop ini dijalankan oleh David Irawan seorang finalis Indonesia Barista Championship 2014 dan Jane Sugianto seorang Interior Designer yang membuat perpaduan sempurna antara kopi dan style. Mereka menyajikan speicialty kopi Jawa Barat dengan profile roasting yang bervariasi antara espresso dan filter, dan juga dengan kopi Sumatra.

Suasana pada coffee shop ini sangat unik dan homey. SF Roastery Coffee Lab menawarkan kopi Jawa seperti Garut, Sumedang, Ciwidey dan Malabar. Kopi Jawa Barat yang mereka sediakan biasanya memiliki rasa manis dengan tingkat keasaman yang bright, tetapi minuman musiman mereka lainnya juga sangat pantas untuk dicoba!

Lokasi SF Roaster - Coffee Lab:

SF Roastery Coffee Lab Bandung
Alamat: Jalan Rajawali Timur 18, Bandung, West Java

Website: http://www.sfroastery.oddle.me

5. Klinik Kopi



Coffee shop yang satu ini, Klinik Kopi sangat berbeda dengan coffee shop lainnya. Tidak ada koneksi Wi-Fi, tidak ada AC, tidak ada sofa yang nyaman, tidak ada gula bahkan mesin espresso pun tidak tersedia disini. Jadi ada apa di Klinik Kopi? peralatan manual brewing, kopi yang luar biasa dan sangat banyak passion disini. 


Kamu tidak hanya sekedar mengunjungi coffee shop, kamu juga sekaligus mengunjungi pemilik coffe shop ini yang disebut Rumah Pepeng. Pepeng adalah seorang roastery dan juga baristanya, dan ketika ia tidak berada di Klinik Kopi, ia biasanya sedang berjalan-jalan di sekitar daerah untuk bekerja sama dengan petani lokal yang ada disana. Tetapi ketika ia berada di Klinik Kopi, pastikan kamu untuk mendengar banyak cerita tentang kopi Indonesia.

Suasana coffee shop ini sangat bersahabat dan menyajikan suasana yang santai, menurut kami Klinik Kopi memiliki tempat yang baik dimana kita bisa mengobrol dengan orang yang belum kita kenal dengan mudah. Klinik kopi menawarkan kopi Sumatra seperti Takengon, Nagari Lasi, Solok Aka Gadang, Solok Seberang Danau, Solok Koto Baru. Pada Jawa tersedia Ciwidey, Sunda dan Lencoh Merapi. Selain itu juga tersedia kopi Flores seperti Yellow Cattura Bajawa dan kopi Papua seperti Pelebip. Jika kamu ke Klinik Kopi, tanya salah satu kopi dari Solok, Sumatra dan dengarkan Pepeng bercerita tentang tempat tersebut.

Lokasi Klinik Kopi:

Klinik Kopi D.I. Yogyakarta
Alamat: Jl. Kaliurang KM. 7,8, Gang Bima, Sinduharjo, Ngaglik, Kec. Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta

Website: http://www.klinikkopi.com

6. Seniman Coffee Studio



Kopi kelas satu bertemu dengan desain yang sangat indah di coffee shop ini. Pemilik coffee shop yang bernama Rodney Glick ini adalah seorang Q-grader berkualitas, pelatih profesional barista, dan juri di Indonesia Barista Championship. Terlebih lagi, Seniman Coffee Studio me-raoasting dan memproses biji kopi sepcialty nya sendiri. Tambahan pada seni yang unik, playlist musik yang dikarang dengan baik, Design interior yang baik dan makanan lezat Indonesia menjadi tempat yang wajib kamu kunjungi. 


Suasana di coffee shop ini nyaman dan kultural. Seniman Coffee Studio menyediakan kopi Sumatra (Aceh Gayo), kopi Sulawesi (Toraja Kalosi), kopi Flores (Juria), kopi Jawa (Kayumas), kopi Bali (Kintamani) dan kopi Papua (Wamena). Cobalah kopi E.S.P Espresso Blend jika kamu ke Seniman Coffee Studio.

Lokasi Seniman Coffee Studio:

Seniman Coffee Studio Bali
Alamat: Jalan Sriwedari No. 5, Banjar Taman Kelod, Ubud, Kec. Gianyar, Bali

Website: http://www.senimancoffee.com


Nah, sekarang kamu sudah tahu beberapa profil kopi Indonesia yang berbeda dan dimana kamu bisa mencobanya. Jadi, tunggu apalagi? Kunjungi coffee shop yang ada di Indonesia dan nikmati atmosfer pada coffee shop itu sambil menyeruput secangkir kopi yang luar biasa.


Semoga artikel ini bermanfaat :)

No comments:

Post a Comment