10 Alasan Rasa Kopimu Tidak Enak dan Cara Untuk Memperbaikinya


Kami merasakan apa yang kamu rasakan ketika kamu menemukan artikel ini. Ketika kamu sedang menikmati kopi yang sudah kamu seduh dan rasanya tidak sesuai dengan keinginan kamu. Rasanya yang tidak karuan yang sangat jauh dari keinginan kamu. Ya, kita semua pasti pernah merasakannya termasuk juga kami, dan tidak ada yang lebih buruk daripada rasa secangkir kopi yang buruk.

Sementara rasa minuman yang buruk kadang-kadang memang tidak dapat dihindari, ada banyak alasan umum mengapa kita membuat secangkir kopi yang buruk. Mari kita lihat 10 alasan mengapa kopi terasa tidak enak dan apa yang dapat kamu lakukan untuk memperbaikinya sehingga kamu tidak lagi merasakan secangkir kopi yang buruk dari seduhan buatanmu.

Alasan-Alasan Rasa Kopimu Tidak Enak

Dan sekarang inilah yang sudah kamu tunggu-tunggu. Ya benar, akhirnya kita sampai pada alasan mengapa rasa kopi seduhan buatanmu menjadi tidak enak. Apakah kamu ingin membuat kopi yang enak? Maka kamu perlu membaca artikel ini. Alasan berikut mengapa kamu mengalami kesulitan dalam membuat secangkir kopi dengan rasa yang benar-benar nikmat. Jadi mulailah ambil catatanmu dan coba berikan solusi yang berbeda ini. Setelah kamu melakukannya, silakan berkomentar dan beritahu kami tentang hasil yang kamu dapatkan.

Alasan ke-1

Biji Kopi Yang Kamu Gunakan Sudah Tidak Segar.

Tidak ada yang lebih buruk daripada menyeruput secangkir kopi yang telah dibuat dengan menggunakan biji kopi yang sudah tidak segar. Sayangnya, biji-biji tersebut tidak memiliki kehidupan yang sangat lama setelah mereka menjalani proses roasting, dan semakin lama kamu menyimpannya, semakin banyak rasa yang akan terpengaruh.

Solusi

Biji kopi tidak bisa bertahan lama. Pada kenyataannya, biji kopi dimaksudkan untuk digunakan dalam waktu yang cukup cepat dari waktu pertama kali di roasting. Saat kamu membeli biji kopi, periksa tanggal roasting nya dan pastikan kamu menggunakannya dengan waktu yang agak cepat. Jika kamu menyimpannya, pastikan kamu menyimpannya dalam wadah yang kedap udara untuk kesegaran yang cukup lama.

Alasan ke-2

Kamu Tidak Menggunakan Waktu.

Jika kamu membiarkan kopimu mengendap (ekstraksi) terlalu lama atau tidak cukup lama, kamu akan sangat memengaruhi rasa pada secangkir kopi yang sedang kamu buat. Dalam banyak hal, ini adalah masalah selera, tapi siapapun kamu, kamu harus bisa menemukan timing yang sempurna untuk membuat secangkir kopi yang baik.

Solusi

Cobalah untuk menyesuaikan seberapa lama kamu membiarkan kopimu mengendap (ekstraksi) sebelum kamu meminumnya. Kamu mungkin perlu mencoba waktu yang lebih lama atau lebih sedikit untuk menemukan jumlah waktu yang tepat untuk seleramu, namun pada akhirnya itu adalah bagian yang menyenangkan.

Alasan ke-3

Biji Kopimu Tidak di Roasting Dengan Benar.

Meskipun kamu tidak ingin memikirkan hal ini, kamu bisa memiliki batch biji kopi yang tidak di roasting dengan benar. Jika kamu mencoba me-roasting sendiri, kesalahan selama proses roasting dapat memberikan efek negatif pada rasa kopimu.

Solusi

Jika kamu membeli biji kopi, cobalah batch yang berbeda dari biji kopi yang sama atau cari jenis kopi yang berbeda sama sekali. Jika kamu me-roasting di rumah, pastikan kamu me-roastingnya secara rata dan menyeluruh sesuai petunjuk sebelum kamu menggilingnya dan menggunakannya pada seduhan kamu yang berikutnya.

Alasan ke-4

Peralatan Menyeduhmu Tidak Bersih.

Kamu akan takjub melihat persis bagaimana kotornya yang telah dibuat oleh alat seduhmu. Sementara kebanyakan dari kita mencoba untuk membersihkannya sesekali, namu ada juga kebanyakan dari kita seringkali mengabaikan rutinitas pembersihan peralatannya sehari-hari. "Lagi pula, bukankah cukup disiram saja dengan air? Salah!". Kopi yang sudah lama dan sisa-sisa kotor lainnya yang menempel pada alat seduh dapat mengubah rasa kopi yang kita buat dan juga tidak terlalu baik untuk kita jika tidak dibersihkan dengan baik.

Solusi

Pastikan membersihkan alat seduhmu dan apapun yang tersentuh oleh kopimu adalah sebagian dari rutinitas pembersihan rutin yang harus kamu lakukan. Bersihkan alat seduh kopimu secara berkala dengan baik. Lagi pula, siapa yang mau meminum kopi yang kopinya melewati segumpal "kotoran" pada alat seduhnya untuk sampai pada secangkir kopinya?


Alasan ke-5

Kualitas Air Yang Kurang Baik.

Seberapa baik atau buruknya selera kopimu sangat bergantung pada kualitas air yang kamu gunakan di rumah. Jika kualitas air yang kamu gunakan itu buruk, katakanlah, misalnya, itu terlalu sulit, maka hal itu akan mempengaruhi rasa air yang akan digunakan hingga pada saatnya akan mengubah rasa kopi yang kamu buat.

Solusi

Daripada menggunakan air dari keran untuk membuat kopi, cobalah membeli air yang telah melewati proses penyaringan dan dikemas didalam botol dan gunakan air itu saat menyeduh kopimu. Sebelum kamu melakukannya, silakan merujuk pada alasan sebelumnya dan pastikan kamu membersihkan alat seduh kopimu dengan sangat teliti untuk menyingkirkan residu yang ditinggalkan oleh air yang buruk.

Alasan ke-6

Temperatur Air Yang Kamu Gunakan Tidak Tepat.

Kopi menyukai airnya tidak terlalu panas dan tidak terlalu dingin. Itu harus tepat. Idealnya, saat menyeduh kopimu, kamu ingin suhu air antara 90 dan 96 derajat Celsius. Apapun yang lebih rendah atau lebih tinggi akan mempengaruhi rasa.

Solusi

Cobalah untuk menggunakan termometer saat memasak air dan jangan mengandalkan alat seduhmu untuk memberi kamu suhu yang sempurna tanpa mengujinya terlebih dahulu. Jika kamu memasak air menggunakan kompor, periksa suhunya untuk memastikan tepat sebelum kamu mencampurnya dengan kopi pilihan kamu.

Alasan ke-7

Kamu Menggunakan Ukuran Gilingan Yang Salah.

Semakin halus gilingan biji kopimu, semakin mudah bagi air untuk mengekstrak antara yang baik maupun yang buruk dari biji kopimu. Jika kamu menggilingnya terlalu halus, kamu mungkin mendapatkan secangkir rasa kopi yang buruk, terutama jika kamu menggunakan beberapa metode penyeduhan yang lebih khusus.

Solusi

Cobalah gilingan biji kopi yang agak kasar. Jika kamu memiliki blade grinder, hasilnya mungkin seperti bedak. Kamu mungkin perlu beralih ke burr grinder untuk mencapai tingkat kekasaran yang diinginkan pada kopimu.

Alasan ke-8

Menyeduh Secara Berlebihan Pada Satu Waktu.

Penyeduhan kopi membutuhkan waktu, dan pada hari yang sibuk mungkin lebih mudah untuk menyeduh secangkir kopi dan membiarkannya pada tempat yang lebih hangat. Tapi pernahkah kamu melihat sisa kopi terakhir pada alat seduh kopimu yang benar-benar bisa digunakan? Itu karena tidak ada yang mau meminumnya karena memang.., yah, siapa yang mau dengan sisa.

Solusi

Kopi dimaksudkan untuk dinikmati saat masih fresh. Jadi, daripada menyeduh secangkir besar ukuran 12 cangkir yang akan bertahan berjam-jam, cobalah menyeduh secangkir ukuran 4 cangkir dan menyeduh beberapa cangkir lagi dari biasanya. Meskipun butuh sedikit merepotkan, lidahmu akan berterima kasih untuk hal itu.

Alasan ke-9

Kamu Menyeduhnya Dengan Salah.

Ini adalah kesalahan manusia yang paling klasik. Hal itu lebih sering terjadi daripada yang kamu pikirkan, terutama bagi siapa saja yang baru mengenal dunia kopi specialty. Kebanyakan orang lebih mengenal alat seduh drip tradisional, tapi alat seduh French Press atau alat seduh Pour Over? Ini bisa menjadi misteri bagi banyak orang yang lainnya.

Solusi

"Practice makes perfect", seperti yang orang-orang selalu katakan. Tapi pertama-tama, pastikan kamu membaca semua instruksi manual untuk alat seduh kopi baru-mu sebelum menggunakannya. Kamu juga dapat melihatnya di sini, di Enthusiast Coffee untuk berbagai macam panduan untuk menyeduh kopimu dengan menggunakan beberapa alat-alat seduh, harus kami katakan, alat seduh kopi yang lebih baik.

Alasan ke-10

Kualitas Kopi Yang Buruk.

Kami tahu kita benci membicarakan hal ini yang selalu kami ulang-ulang. Tapi tidak semua kopi diciptakan sama. Beberapa kopi ada yang lebih baik daripada kopi yang lainnya. Pada titik tertentu kamu akan membeli sekantong kopi yang buruk. Terima saja hal itu. Ini hanyalah sebagian dari kegiatan berbelanja dan mencoba jenis kopi yang baru.

Solusi

Sebelum kamu membeli kopi, pastikan kamu sudah menyelesaikan pekerjaan rumahmu. Membaca tentang apa yang orang lain katakan tentang jenis kopi tertentu dan jenis roasting yang mereka gunakan sebelum membelinya. Kebanyakan kopi tidak bisa disimpan terlalu lama, jadi kamu harus bisa mencari tahu sesuatu sebelum membuka dompetmu untuk membelinya. Dan pastikan jangan pernah membeli kopi instan (kopi bubuk) dalam kemasan sachet, para penjual kopi sachet hanya menginginkan uangmu tanpa memperdulikan cita rasa yang kamu inginkan.

Kesimpulan

Seperti yang bisa kamu lihat, ada banyak alasan mengapa kita menyeduh secangkir kopi yang buruk. Kabar baiknya adalah banyak dari hal tersebut dapat dengan mudah dihindari. Sebenarnya, kamu bisa menghentikan kopi yang tidak enak rasanya cukup mudah dan tidak masalah apa masalahnya. Seperti yang orang-orang katakan, Pengetahuan adalah Kekuatan, dan sekarang setelah kamu mengetahui alasan mengapa kopi kamu terasa tidak enak, kamu bisa memperbaiki kesalahan sehingga kamu bisa mulai menyeduh secangkir kopi yang akan mengesankan para pecinta kopi.

Have a great day and stay classy!

No comments:

Post a Comment