Cara Membuat Kopi ala Cowboy. Sebut Saja 'Kopi Cowboy'.


Hanya karena kamu ingin pergi camping di akhir pekan bersama teman-teman, bukan berarti kamu pergi tanpa membawa kopi favoritmu atau tidak membawa alat seduhmu yang terbilang cukup rumit untuk dibawa pergi. Kenapa kamu tidak berpikir untuk membuat "Kopi Cowboy" saja?

Sayangnya, kebanyakan orang yang mencoba untuk membuat kopi cowboy selalu saja gagal total. Tapi, dalam beberapa cara hal ini benar-benar salah satu cara termudah untuk membuat kopi ketika kamu ingin pergi camping bersama teman-teman kamu. Yang kamu butuhkan adalah alat yang tepat untuk melakukan hal itu dan sedikit pengetahuan tentang metode penyeduhan dan kamu dapat membuat kopi ala cowboy yang kenikmatan pada setiap seruputannya seperti kopi yang kamu seduh menggunakan alat seduh favoritmu yang biasa kamu gunakan dirumah.

Apa Itu Kopi Cowboy

Pada dasarnya, kopi cowboy sama saja seperti kopi seduh lainnya. Satu-satunya yang membedakannya adalah bagaimana cara menyeduhnya. Kamu membuat kopi diatas api unggun menggunakan beberapa alat sederhana. Intinya, dibutuhkan teknik ekstraksi yang disebut dengan decoction atau rebusan. Dalam metode ini, kopi dibuat bercampur dengan air yang mendidih selaman proses penyeduhan.

Ketika kamu sudah selesai, kamu menunggu bubuk kopi sampai turun kebawah dan kemudian kamu tuangkan sendiri pada gelas atau mug yang kamu bawa. Meskipun ini adalah benar-benar salah satu cara yang paling sederhana untuk membuat kopi, kamu akan terkejut dan mengerti mengapa betapa banyak orang yang gagal saat mencoba membuat kopi cowboy untuk yang pertama kalinya.

Kenapa Membuat Kopi Cowboy

Banyak orang yang bertanya kepada kami mengapa kita harus repot-repot membuat kopi dengan cara ini. Lagi pula, ada banyak metode pour over yang luar biasa dan sangat portable yang bisa kamu bawa dengan mudah ketika kamu memilih untuk melewati jalan setapak dan tidur dibawah bintang-bintang saat camping. Jadi kenapa harus repot-repot dengan metode ini?

Pertama, jika kamu sedang camping dengan teman-teman atau keluarga, ada kemungkinan satu atau dua orang yang menginginkan secangkir kopi. Ayo kita terima tantangan itu, bahkan kopi lebih nikmat lagi ketika dinikmati bersama seseorang, jadi kenapa membuat yang lain menunggu untuk secangkir kopinya ketika kamu bisa menyeduh sekaligus untuk semua orang?

Alasan besar lainnya adalah nostalgia. Metode ini digunakan oleh kebanyakan cowboy dan orang-orang perbatasan lainnya saat mereka di dalam perjalanan atau tidur dibawah bintang-bintang saat mereka sedang menjelajahi wilayah yang belum di peta kan. Hal ini sangat menyenangkan untuk di coba dan menghidupkan kembali sedikit dari pengalaman mereka, bahkan jika itu hanya salam sebuah cara yang kecil.

Apa Saja Yang Kamu Butuhkan

  • Bubuk Kopi Yang Masih Sangat Fresh (kami merekomendasikan untuk menggunakan tingkat gilingan Very Coarse atau Sangat Kasar ) 
  • Air 
  • Teko atau Panci Kecil 
  • Api (buatlah api unggun) 
  • Gelas Ukuran Kecil 

Pada kenyataannya, ini adalah alat-alat dan bahan-bahan yang mungkin sudah kamu punya di sekitar dapurmu dirumah. Tapi jika kamu tidak memilikinya, alat-alat dan bahan-bahan tersebut pasti mudah untuk didapatkan. Pastikan kamu membawa teko atau panci kecil yang dapat diletakkan diatas api unggun dengan kuat, dan jika memungkinkan, bawalah air mineral dari rumah untuk hasil yang terbaik. Apapun yang kamu lakukan, JANGAN menggunakan air yang kamu dapatkan dari danau atau sungai di tempat kamu camping. Air tersebut tidak hanya akan membuat secangkir kopi yang buruk, tetapi air tersebut ada kemungkinan sudah tercemar dan berbahaya untuk diminum.


Membuat Kopi Cowboy

Dalam upaya menghentikan rasa kopi yang tidak enak saat kamu sedang duduk di sekitar api unggun dan menikmati suasana yang luar biasa diluar rumah, mari kita lihat langkah-langkah yang perlu kamu lakukan untuk menyeduh secangkir kopi yang nikmat sambil duduk disekitar api unggun.
  • Tambahkan air ke teko atau panci kecilmu sebanyak air yang dapat di tampung oleh teko atau panci kecilmu saat kamu menambahkan air. 
  • Letakkan teko atau panci kecilmu diatas api unggun dan biarkan sampai mendidih. 
  • Setelah air mendidih, angkat teko atau panci kecilmu dari api unggun dan biarkan selama 30 detik. Hal ini akan menurunkan suhu sekitar 200 F yang mana adalah suhu yang sempurna untuk penyeduhan kopi. 
  • Tambahkan 2 sendok makan kopi ke dalam teko atau panci kecilmu setiap 8 ons air yang teko atau panci kecilmu dapat menampungnya. 
  • Aduk bubuk kopi yang ada didalam air. 
  • Biarkan kopi dengan teko atau panci kecilmu itu dan diamkan selama 2 menit. Setelah 2 menit, aduk lagi. 
  • Diamkan selama 2 menit lagi. 
  • Setelah 4 menit waktu penyeduhan telah berlalu, percikkan sedikit air dingin ke teko atau panci kecilmu untuk membantu bagian bawahnya mengendap. 
  • Tuangkan kopi perlahan ke dalam gelas mug yang kamu bawa, untuk memastikan bubuk atau ampas yang tersisa didalam teko atau panci kecilmu tersebut. 
  • Buang bubuk atau ampas tersebut dan bilaslah teko atau panci kecilmu. 

Lihat, metode ini cukup mudah dan memungkinkan kamu menyeduh secangkir kopi yang luar biasa walaupun ketika kamu sedang camping sekalipun, persis seperti yang dilakukan para cowboy di samping gerobak ternak mereka yang panjang itu.

Pertimbangkan Untuk Menambahkan Kulit Telur

Salah satu keluhan terbesar yang dimiliki orang-orang saat membuat kopi cowboy adalah kenyataan bahwa kopi tersebut lebih sering mengeluarkan rasa yang terlalu pahit ataupun terlalu kuat. Alasannya adalah karena sifat asam (acidic) kopi dan bagaimana asamnya juga bisa dinikmati ketika diseduh menggunakan cara cowboy. Jika kamu sangat menyukai kopi dengan rasa yang kuat, ini mungkin metode penyeduhan yang cocok untuk kamu. Namun, jika kopi cowboy yang kamu buat menjadi terlalu kuat, maka kami menyarankan kamu untuk menambahkan beberapa kulit telur ke dalam seduhanmu.

Kulit telur bersifat basa (alkaline), yang artinya bisa mengurangi tingkat keasaman pada kopi. Pada saat yang bersamaan, kulit telur juga sangat hebat dalam menjaga bubuk (ampas) kopi keluar dari secangkir kopi ketika kamu menuangkannya. Sementara hal ini tidak diharuskan, hal ini tetaplah membuat perbedaan. Inilah yang kamu buat.
  • Ambil retakan kulit telur yang sudah kamu bersihkan dengan air dan letakkan kulit telur kedalam teko atau panci kecilmu ketika kamu menambahkan kopi dengan air. 
  • Biarkan kulit telur tersisa di dalam teko atau panci kecilmu selama penyeduhan dan penuangan. 

Dengan penambahan sederhana kulit telur, kamu dapat sangat mengurangi keasaman pada kopimu sehingga rasa kopi yang telah kamu buat tidak terlalu kuat maupun pahit dan kamu mungkin hanya mendapatkan sedikit ampas kopi dalam gelasmu ketika kamu menuangkan kopi.

Kesimpulan

Lihatlah, menyeduh kopi cowboy bukan berarti kamu harus menyeduh sesuatu yang terlihat dan rasanya seperti tar. Pastikan kamu menggunakan kopi bubuk yang masih segar dan luangkan waktu ekstra untuk mengukur rasio air dan kopimu dengan seksama. Jika kamu melakukannya, kamu harus bisa menikmati secangkir kopi yang benar-benar luar biasa yang akan membuat teman-teman atau keluarga terkesan saat camping bersama.

Jadi, mulailah membuat kopimu diatas api unggun di saat camping. Sekarang yang kamu sudah tahu apa yang harus kamu lakukan, kopimu harus benar-benar nikmat. 

Have a great day and stay classy!

2 comments:

  1. haha klasik sekali cara membuat kopi cowboy

    ReplyDelete
    Replies
    1. Ya kak, selain klasik, rasa dari kopi cowboy ini juga tidak kalah dengan kopi yang diseduh menggunakan alat manual brewing. Silahkan dicoba kak :)

      Delete