Dimana dan Cara Membeli Biji Kopi Terbaik


Jadi, kamu sudah memutuskan untuk menggunakan semua saran yang telah kamu temui di situs ini dan membawa hobi kopimu ke tingkat yang berikutnya. Selamat dan selamat datang di dunia yang baru pada kenikmatan biji kopi yang akan memberikan kamu pengalaman yang baru daripada yang biasanya, biji kopi dari supermarket lokal bisa berharap untuk menyediakannya. Sekarang kamu telah membuat keputusan penting dalam petualangan kopimu, kamu perlu belajar dimana menemukan biji kopi terbaik dan bagaimana kamu bisa menentukan apakah kopi yang kamu periksa benar-benar baik atau tidak baik yang harus dibuang ketempat sampah.

Tapi kemana kamu akan pergi untuk melihat-lihat dan ketika kamu akhirnya menemukan biji kopi yang tidak memiliki label dari merek kopi manapun yang akan kamu temukan di supermarket lokal, bagaimana kamu tahu apakah itu benar-benar kopi yang memiliki kualiatas baik atau tidak? Untungnya, itulah sebabnya kami ada disini. Selama beberapa menit kedepan, kami akan menunjukkan dengan tepat apa yang harus dicari pada biji kopi dan memberikan kamu beberapa petunjuk tentang dimana tempat kamu bisa menemukan kopi terbaik.

Menilai Biji Kopi Dari Kemasannya

Hal pertama yang harus kamu lakukan adalah membaca setiap label yang terdapat pada kemasan biji kopi. Jadilah orang yang teliti dan jangan pernah mengabaikan apapun. Kamu akan benar-benar belajar banyak dari kemasan meskipun di dalam beberapa kasus informasi yang kamu dapatkan setidaknya terbilang terbatas. Akhirnya setelah kamu membaca kemasan, kamu harus membuat keputusan apakah akan mencobanya atau tidak. Namun, memahami apa yang ada pada kemasan dapat membantu kamu memberikan beberapa wawasan tentang apakah biji kopi itu layak dibeli atau kamu letakkan lembali ke rak.

Selalu Membeli Biji Kopi

Ketika kamu membeli kopi, pastikan kamu selalu membeli kopi yang masih dalam bentuk biji dan menggilingnya sendiri sebelum kamu menyeduhnya untuk menjadi secangkir kopi. Hal ini memastikan bahwa kopimu segar karena kopi mempertahankan cita rasanya dalam bentuk biji. Pastikan kamu berinvestasi pada alat Grinder (penggiling) yang tepat sebelum kamu mulai membeli biji kopimu.

Jenis Biji Kopi

Ada sangat banyak jenis biji kopi daripada point-point yang akan kami jelaskan disini. Namun, bagi kamu yang baru memulai petualanganmu di dunia kopi, ada dua varietas terbesar yang ditemukan saat ini yaitu Arabica dan Robusta. Robusta terkenal dengan rasa pahitnya, rasa earthy yang lebih kuat dan sering digunakan pada kopi instan. Jika kamu mempunyai pilihan, pilihlah Arabica. Kamu akan menemukan bahwa jenis biji kopi Arabica akan memberikan rasa yang jauh lebih baik yang disukai oleh kebanyakan penikmat kopi.

Geografis

Setelah kamu memilih jenis biji kopi, sekarang saatnya untuk melihat darimana biji kopi berasal. Idealnya, kamu ingin menemukan biji yang semuanya berasal dari satu sumber tunggal (daerah) dan tidak dicampur (blend) dan dicocokkan dari beberapa lokasi geografis. Hal ini akan memberikan kamu rasa yang lebih konsisten ketika kamu mencoba kopi yang baru. Dalam kebanyakan kasus, seorang Roaster dengan skala kecil akan menggunakan biji dari daerah yang sama ketika seorang Roaster dengan skala besar yang memiliki volume lebih besar menggunakan biji dari daerah yang bermacam-macam.


Tanggal Roasting dan Penggunaan Berdasarkan Tanggal

Semua orang terbiasa dengan penggunaan berdasarkan tanggal pada makanan dan minumannya, dan kopi juga tidak ada bedanya. Namun, apa yang juga harus kamu perhatikan pada biji kopi adalah tanggan roasting (pemanggangan) nya. Jika kamu menemukan seorang Roaster yang selalu melampirkan tanggal, tetaplah pada seorang Roaster itu, karena menemukan tanggal roasting terkadang sulit dan tidak dilampirkan oleh beberapa Roaster. Jika kamu menemukan tanggal roasting, pastikan tanggal tersebut dekat dengan tanggal saat kamu membelinya atau ketika kamu berencana untuk menggunakan kopi itu. Semakin tanggalmu dekat dengan tanggal roasting, kopi yang kamu dapatkan lebih segar dan lebih beraroma. Tapi seringkali kamu terbatas hanya pada penggunaan berdasarkan tanggal. Seperti pada halnya makanan, pastikan kamu membeli kopi yang penggunaan berdasarkan tanggalnya masih cukup jauh karena hal itu akan membantu kamu dalam memastikan biji kopimu segar dan penuh citarasa ketika kamu meminumnya.

Tipe Roasting

Akhirnya, kamu perlu juga melihat jenis roasting apa yang digunakan pada biji kopi dalam pertanyaan. Sebuah aturan praktis yang baik adalah biji kopi yang lebih dark. Sebelum kamu membeli biji kopi apapun, pastikan biji kopi itu di roasting sesuai dengan selera kamu. Jika kamu lebih memilih sesuatu yang ringan, cobalah biji kopi dengan tingkat light roasting. Seringkali hasil roasting memiliki nama khusus seperti City atau Vienna. Sementara itu mambuat kamu sedikit mempelajari tentang terminologi nya, City adalah roasting-an yang lebih ringan sedangkan Vienna adalah jenis yang paling umum dikonsumsi orang-orang. Jika kamu lebih menyukai sesuatu yang lebih kuat atau lebih lemah daripada biasanya, cobalah biji kopi dengan roasting-an yang lebih light atau lebih dark dari roasting-an yang biasanya.

Kemana Kamu Akan Pergi?

Pencarian dimana menemukan biji kopi terbaik akan membawa kamu ke toko-toko dan tempat yang belum pernah kamu kunjungi sebelumnya, dan kamu harus siap untuk membuka cakrawala kamu jika kamu benar-benar ingin menemukan biji kopi terbaik dan segar yang bisa kamu nikmati dirumah.

Carilah di Coffee Shop dan Roaster Lokal

Sayangnya, tidak ada tempat ajaib atau tempat dimana kamu bisa menikmati biji kopi roasting yang paling sempurna. Sementara beberapa supermarket sekarang ini sudah ada yang menyediakan biji kopi untuk dibeli, dan ini harus menjadi tempat terakhir yang kamu lihat. Dalam kebanyakan kasus, kamu hanya akan mendapatkan informasi yang terbatas tentang biji kopi yang kamu pikirkan untuk dibeli dan seringkali biji kopi ini berasal dari seorang Roaster besar yang mendapatkan biji kopi dari berbagai macam daerah.

Dalam pencarian biji kopimu yang luar biasa, luangkan waktu pencarian online untuk seorang Roaster lokal di daerahmu, atau setidaknya, coffee shop yang lebih kecil. Hindari semua rantai biaya. Sementara Starbucks telah menjual kopi dan biji-biji kopinya dengan harga yang sangat mahal kepadamu, kamu bisa sesekali menemukan biji kopi yang lebih baik lagi jika kamu bersedia mencari di toko-toko yang lebih kecil.

Ketika kamu mengunjungi coffee shop lokal di tempatmu, tanyakan kepada mereka dimana mereka mendapatkan biji kopi yang mereka gunakan. Mereka mungkin bersedia untuk berbagi seorang Roaster dengan kamu. Jika kamu menemukan seorang Roaster lokal, kunjungi tokonya ketika kamu mempunyai waktu luang sehingga kamu bisa melihat tokonya secara rinci dan melihat semua kopi yang mereka tawarkan.

Begitu kamu menemukan beberapa toko, ikuti panduan yang kami sampaikan diatas untuk mempelajari lebih detil tentang setiap jenis kopi yang mereka jual. Setelah kamu menyelesaikan pekerjakaan rumah, sekarang saatnya untuk bersenang-senang. Beli beberapa biji kopi dan bawalah biji-biji kopi itu pulang bersamamu. Ingat, jika pada kemasan biji kopi tersebut terdapat tanggal roasting, pastikan bahwa biji kopi tersebut baru saja di roasting seperti setelah waktu satu minggu kopi mulai kehilangan rasa yang membuatnya istimewa. Jika kamu bisa, belilah dengan takaran yang sedikit sehingga kamu dapat memastikannya masih segar ketika saat ingin digunakan.

Pesan Kopi Online

Bahkan penikmat kopi juga bisa berlangganan layanan yang bisa membawa kopinya tepat di depan pintu rumah setiap bulannya. Ada banyak dari beberapa Roaster yang akan menyediakan kamu berbagai macam kopi untuk dicoba setiap bulan atau kamu bisa memesan kopi dan diantar langsung ke depan pintu rumahmu kapanpun kamu menginginkannya. Hal ini adalah cara yang paling mudah untuk menemukan rasa kopi yang luar biasa dan cara yang baik untuk menemukan kopi yang berasal dari berbagai macam daerah jika kamu kebetulan tinggal di daerah yang tidak memiliki coffee shop dan seorang Roaster berkualitas tinggi. Beberapa pilihan terbaik yang kami rekomendasikan untuk kamu adalah Tanamera Coffee, Giyanti Coffee Roastery dan Caswell's Coffee. Jika kamu ingin mulai berlangganan, Klasik Beans bisa menjadi salah satu pilihan terbaik kamu.

Kesimpulan

Memutuskan untuk menghindari mesin pembuat kopi otomatis, seorang Roaster lokal adalah langkah pertama menuju dunia kenikmatan kopi yang jauh lebih besar. Dengan demikian, kamu dapat menemukan jenis kopi baru yang menawarkan rasa dan body yang mungkin belum pernah kamu rasakan sebelumnya dan tidak akan kamu dapatkan jika kamu tidak mengambil langkah baru ini. Pastikan ketika kamu melihat jenis kopi yang kamu baca di setiap label dengan cermat untuk mempelajari apa jenis biji kopi itu, bagaimana rasanya setelah di roasting dan kapan biji kopi itu di roasting. Setidaknya, belilah biji kopi dengan masa penyimpanan yang masih cukup lama jika tidak tercantum tanggal roasting nya.

Ingat, ketika itu semua dikatakan dan dilakukan hobi baru kopimu adalah semua tentang kesenanganmu. Jadi cobalah untuk menikmati setiap langkah proses dalam mencari coffee shop dan seorang Roaster terbaik, untuk mempelajari tentang jenis biji-biji kopi yang mereka miliki, dan pada akhirnya diseduh dan diminum pada secangkir kopi yang luar biasa yang mungkin tidak pernah kamu pertimbangkan untuk membeli sebelumnya.

Have a great day and stay classy!

No comments:

Post a Comment