Cara Membuat Es Kopi Menggunakan Hario V60 (Hario V60 Japanese Style)


Jika kamu seorang penikmat kopi, ada beberapa pilihan untuk membuat secangkir kopimu yang nikmat yang lebih cocok dinikmati pada musim panas. Kamu bisa memilih cold brew atau es kopi. Pembuatan kopi cold brew bisa memakan waktu 12 - 24 jam, dan mungkin sebagian dari kita tidak selalu mempunyai banyak waktu untuk membuatnya (maka dari itu kami menyediakan kopi cold brew untuk kamu) ketika kita menginginkan sesuatu yang dingin dan ber-caffeine. Ya, mungkin es kopi bisa menjadi salah satu pilihan alternatif kamu.

Satu hal yang sangat penting untuk kamu ketahui adalah kopi cold brew tidak sama dengan es kopi pada umumnya, karena cukup banyak beberapa coffee shop yang kami kunjungi menyediakan kopi cold brew yang ternyata disajikan adalah es kopi yang dibuat menggunakan metode Hario V60 Japanese Style.


Sudah tau dengan pembuatan es kopi menggunakan metode Hario V60 Japanese Style? Kami mempunyai cara yang kami gunakan untuk bisa kamu coba dirumah dalam membuatnya. Kurang lebih cara pembuatannya sama dengan Hario V60 pada umumnya, hanya rasio air yang kita mainkan. Dan untuk cara menyeduh kopi menggunakan Hario V60 bisa kamu lihat pada artikel kami sebelumnya atau silahkan klik disini. Jadi, mari kita mulai cara membuat es kopi menggunakan metode Hario V60 Japanese Style!

Total Waktu Penyeduhan: 3 menit

Apa Yang Kamu Butuhkan: 

  • Alat seduh Hario V60 (atau kamu juga bisa menggunakan alat seduh Chemex) 
  • Filter Hario V60 
  • Grinder 
  • 21g kopi (sekitar 3 Sendok Makan) 
  • Air panas mendidih secukupnya (sekitar 93°C) 
  • Es batu 150 gr (sekitar 3-4 es batu) 
  • Scale (Timbangan) 
  • Timer 
  • Gelas Mug 
  • Optional: Brewing Carafe (coffee server / pot) 

Saatnya mulai menyeduh!

1. Lipat dan Bilas Filter

Lipat filter menjadi bentuk kerucut dan bilas pada dripper Hario V60 dengan air yang cukup mendidih (sekitar 93°C) untuk menghilangkan rasa kertas, jangan bilas diatas gelas mug atau carafe (server)-mu saat penyeduhan.

2. Timbang, Giling dan Masukkan Es Batu

Giling 21 g kopi (sekitar 3 Sendok Makan) di tingkat Medium-Fine seperti garam. Tambahkan kopi ke alat seduh kamu dan masukkan es batu kedalam server.

3. Basahi Bubuk Kopi

Basahi bubuk kopi langsung dengan air mendidih (sekitar 93°C). Gunakan air secukupnya untuk menyelimuti bubuk kopi. Biarkan blooming (proses kopi mengeluarkan gas) selama 15 detik. Kopi mengeluarkan gas atau disebut dengan "blooming" ketika bubuk kopi yang masih segar mengembang dan sedikit bergelembung.

4. Tuangkan Terus-Menerus

Tuang air perlahan, dengan arah spiral, tambahkan air setiap 10-15 detik untuk masa ekstraksi. Tuangkan spot-spot gelap dan hindari spot-spot yang terang. Jika kamu menggunakan scale, kamu harus menuangkannya sampai kamu mencapai 300 gr (150 mL air dan 150 gr es batu) .

5. Angkat Alat Seduh-mu dan Nikmati

Setelah kamu mencapai waktu 03:00, kamu harus memiliki sekitar 300 mL seduhan es kopi. Angkat alat seduh-mu dan tuangkan es kopi ke dalam gelas mug yang kamu gunakan.

Have a great day and stay classy!

No comments:

Post a Comment