Apakah Kopi Memperlambat Pertumbuhan Kamu?


Kami tidak akan pernah lupa ketika kami masih kecil, kami sangat ingin mencoba rasa kopi. Kami terkadang mengganggu orang tua kami sendiri ketika mereka sedang menyeruput kopinya. Suatu hari orang tua kami mengomeli kami karena kami belum cukup umur untuk meminum kopi dan walaupun pada akhirnya membiarkan kami mencoba kopinya sedikit. Orang tua kami mungkin merasa kami tidak akan menyukainya. Lagi pula, sekarang ini berapa banyak anak kecil yang benar-benar bisa menikmati rasa kopi?

Namun yang mengejutkan orang tua kami adalah ternyata kami menyukai rasa kopi dan menginginkannya lagi. Tidak lama kemudian kami tidak hanya bertanya soal rasa tetapi kami meminta jatah secangkir kopi untuk kami sendiri. Kemudian suatu hari mereka memberikan pernyataan, "Maaf anakku, kamu tidak bisa meminum kopi sesering ini. Kopi akan memperlambat pertumbuhan kamu. Kamu ingin tumbuh besar dan kuat kan?"


Tunggu, Apa Ini Serius?

Ini terdengar konyol bukan? Tapi, para orang tua sekarang telah mengatakan hal ini kepada anak-anaknya selama bertahun-tahun sebelumnya, apakah ini untuk mencegah mereka dari meminum kopi atau bahkan soda yang mengandung caffeine. Bahkan di jaman sekarang dengan internet di smartphone kita, para orang tua masih kembali lagi kepada mitos yang menyebalkan ini. Ya benar, kami bilang ini adalah mitos!

Apakah ini adalah sebuah cerita legenda perkotaan yang sederhana atau hanya sesuatu yang dikatakan para orang tua kepada anak-anak yang semacam hanya "menjadi" benar, cerita bahwa kopi akan memperlambat pertumbuhanmu telah turun menurun hingga beberapa generasi sekarang. Ini adalah keyakinan kami bahwa cerita itu harus berakhir hari ini. Disini dan sekarang!

Kebenaran Dibalik Mitos

Jadi, darimana asal mitos ini? Ya, tidak ada yang benar-benar tahu pasti. Namun, ada beberapa ilmu pengetahuan yang mendukungnya. "Loh, gimana sih? Tadi katanya hanya mitos!". Tenang dan biarkan kami melanjutkannya :)

Faktanya, jumlah kalsium yang akan dihadang oleh caffeine dari meminum secangkir kopi sangatlah rendah sehingga kamu bisa menggantinya dengan hanya satu atau dua sendok makan susu di setiap minggunya. Tidak banyak kalsium. Tubuh manusia mempunya "mesin" yang luar biasa. Jika kalsium kamu sedikit menurun, tubuh kamu akan mengurangi jumlah yang dikeluarkan untuk menjaga kadar kalsium di dalam tubuh kamu untuk tetap naik. Jadi mungkin kamu tidak harus meminum satu atau dua sendok makan susu.

Tetap saja, jika kamu meminum kopi berlebihan, kami akan merekomendasikan kamu untuk menambahkan sedikiti susu pada minumanmu hanya untuk memastikan jumlah kalsium yang dihadang oleh caffeine dapat ditambahkan ke dalam tubuh kamu agar lebih aman.

Jika kamu adalah seseorang dewasa yang sehat pada umumnya dengan makanan atau minuman seimbang yang terdiri dari semua vitamin dan mineral penting yang dibutuhkan tubuh kamu, meminum beberapa cangkir kopi sehari tidak akan membuat sedikit perbedaan dalam tingkat pertumbuhanmu atau kepadatan tulangmu saat kamu tua nanti. Jadi, nikmatilah secangkir kopimu hanya saja jangan berlebihan.


Jadi, Haruskah Anak-Anak Meminum Kopi?

Sekarang kita tahu bahwa kopi tidak akan benar-benar memperlambat pertumbuhan kamu, apakah tidak apa-apa membiarkan anak-anak meminum kopi? Kita sudah tahu bahwa tubuh anak akan lebih terpengaruh oleh caffeine, artinya secangkir kopi mungkin terlalu banyak untuk sistem tubuh mereka. Mereka akan menjadi terlalu bersemangat sebelum kamu mengetahuinya jika mereka meminum kopi.

Tentu saja, itu bukan berarti sangat berbahaya bagi mereka. Meskipun kami yakin banyak orang tua akan setuju bahwa ini bukanlah ide yang bagus, setidaknya untuk kewajaran mereka. Tetap saja, itu bukan berarti jika kamu memiliki anak remaja yang sedang tumbuh sehingga mereka tidak bisa meminum kopi. Sistem di dalam tubuh mereka akan bisa mengolah caffeine jauh lebih baik sehingga mereka mungkin tidak akan membuat orang tua ngomel jika mereka meminum secangkir kopinya.

Pada akhirnya, gunakan penilaian terbaik dari para orang tua, tetapi secara pribadi kami tidak hanya membiarkan anak-anak menikmati secangkir kopi semaunya. Mungkin saat ini segelas jus buah teta[ lebih baik untuk mereka.

Haruskah Orang Dewasa Khawatir?

Jika kamu meluangkan waktu untuk melihat studi diatas, kamu akan melihat bahwa para ilmuwan sudah dapat menunjukkan bahwa caffeine dapat berdampak negatif terhadap kepadatan tulangmu. Namun, kamu perlu melihat lagi lebih dekat. Caffeine hanya berdampak pada populasi dimana asupan kalsium yang sudah rendah. Jadi, jika kamu khawatir dengan kepadatan tulang dan penuaan, kamu mungkin tidak perlu khawatir lagi dengan secangkir kopi yang kamu minum.

Asumsikan kamu memiliki makanan atau minuman yang sudah kaya akan kalsium, beberapa cangkir kopi yang kamu minum mungkin tidak akan berdampak pada tulangmu. Jadi, beristirahatlan sambil menikmati secangkir kopimu. Ingatlah, kamu perlu memastikan bahwa kamu sudah memiliki jumlah kalsium yang tepat di dalam makanan atau minuman kamu sehari-hari. Jika tidak, minum apapun yang mengandung caffeine tidak akan membantu kamu, meskipun kerusakan yang terjadi menjadi minimal. Tapi jika kamu meminum susu atau menggunakan suplemen kalsium, ada sedikit hal yang perlu kamu khawatirkan.

Kesimpulan

Terlepas dari apa yang orang tua kamu katakan, kopi benar-benar tidak akan menghambat pertumbuhan kamu. Meskipun memang benar caffeine mengganggu daya serap kalsium pada tubuhmu, kebenaran dari masalah ini adalah jika kamu meminum beberapa cangkir kopi sehari, itu tidak akan cukup untuk benar-benar mengubah cara pertumbuhan atau kesehatan tulang kamu secara keseluruhan.

Jadi apakah kamu muda atau tua, jangan khawatir tentang meminum sedikit kopi. Hal ini tidak akan mengganggu seberapa tinggi pertumbuhan tubuh kamu sedikitpun. Meskipun mitos ini telah diabadikan oleh para orang tua dimana-mana, tidak ada kebenaran di dalamnya. Sementara kami tidak merekomendasikan kopi kepada anak kecil, jika kamu adalah seorang anak remaja atau orang dewasa yang masih dalam pertumbuhan, jangan khawatir. Silahkan menikmati secangkir kopi dan bahkan di saat sedang sesi belajar sekalipun yang hingga larut malam. Kamu akan senang menikmati secangkir kopi.

Have a great day and stay classy!

No comments:

Post a Comment