Apa Hubungan Antara Proses Kopi Honey dan Pengupasan Pulp Natural?


Apakah kamu menyadari jenis baru kopi yang terakhir kamu kunjungi di coffee shop? Ya, hal ini tidak semuanya terbilang baru, tapi ada satu yang seringkali tidak disadari. Yang kami maksud disini tentu saja tentang proses kopi honey dan pengupasan pulp natural.

Meskipun popularitas mengenai kopi ini meningkat, banyak juga para pecinta kopi yang tidak tahu apa itu proses kopi honey dan pengupasan pulp natural. Tapi, setiap pecinta kopi yang sebenarnya harus mengerti sedikit setidaknya tentang semua jenis kopi.

Jadi, luangkanlah sedikit waktu untuk mempelajari lebih banyak tentang jenis kopi ini, bagaimana dibuatnya dan bagaimana rasanya.

Apakah Honey Yang Dimaksud Adalah Menggunakan Madu?

Tidak, tidak ada madu yang dicampur di dalam kopi. Honey yang dimaksud disini adalah mengacu pada banyaknya jumlah lendir yang menutupi perkamen yang terdapat di dalam kopi. Semakin banyak yang tersisa, semakin banyak "madu" yang dimiliki oleh kopi. 

Kopi honey dan pengupasan pulp natural adalah proses baru dalam mengolah kopi yang berbeda dengan banyak cara dari metode pengolahan kopi tradisional lainnya seperti wet process (proses basah).

Bagaimana Cara Kopi Honey Diproses?

Selama proses natural ini, sebuah alat yang dikenal dengan depulper membuang pulp dari kopi tapi tetap meninggalkan lendirnya. Saat kopi dikeringkan, lendir tetap menempel pada kopi.
Perkembangan proses ini dimotivasi oleh keinginan untuk membuat profil cupping yang bersih seperti pada proses basah (wet process).

Prosesnya mengarah pada membuat profil cupping yang bersih. Proses ini juga menciptakan rasa yang unik dengan menyesuaikan jumlah pulp kopi dan lendir yang tersisa pada biji kopi selama persiapan.

Banyak penggemar kopi sebenarnya lebih memilih proses yang lebih alami ini. Mereka percaya proses ini dapat membawa keluar rasa alami dari biji kopi tanpa gangguan dari proses persiapan menjadi secangkir kopi.


3 Manfaat Lingkungan Dari Proses Honey dan Pengupasan Pulp Natural

Saat ini, kita memiliki kesadaran global yang meningkat pada lingkungan. Dimana ini adalah merupakan hal yang bagus! Karena itulah, banyak negara mulai mengadopsi proses baru ini dalam menghasilkan kopi. 


1. Mengurangi Polusi Air

Ada banyak air limbah yang dihasilkan saat kopi dipersiapkan menggunakan metode basah (wet method). Hal ini menyebabkan banyak arus masuk ke arus lokal. Air ini mengandung sejumlah besar gula asetat yang tidak bisa dipecah secara alami. 

Tingginya kadar gula asetat ini menyebabkan pertumbuhan bakteri di sungai dan sungai lokal yang berbahaya bagi manusia dan hewan. 

Ketika menggunakan metode honey dan pulp, kurangi air yang digunakan untuk mengurangi jumlah kontaminasi yang masuk pada sistem air setempat. 

2. Konservasi Air

Ketika kamu melihat metode pengupasan pulp natural, tidak ada air yang digunakan. Hal ini mengurangi penggunaan air dalam mempersiapan biji kopi. 

Hal ini tentu saja sangat membantu di area pengering dimana kopi diproduksi. Metode ini meninggalkan lebih banyak air untuk tanaman, hewan, dan manusia untuk digunakan. 

3. Manfaat Ekonomis

Metode ini lebih murah dalam memproduksi kopi jika dibandingkan dengan metode tradisional dalam membuang pulp pada biji kopi. 

Hasil produksi kopi menggunakan metode ini ini lebih hemat biaya dan hasilnya lebih murah untuk dibeli juga. Tentu saja, pasar juga akan berdampak pada biaya. Tapi manfaat ekonomis dari proses ini tidak bisa dipungkiri. 

Semuanya Terlihat Luar Biasa, Tapi Bagaimana Dengan Rasanya?

Memproduksi kopi menggunakan metode ini cenderung menghasilkan rasa yang lebih manis jika dibandingkan dengan metode lainnya. Kamu akan mendapatkan rasa manis dengan meninggalkan rasa buah pada bagian akhir dan rasa asam. 

Jumlah rasa manis yang ada dalam kopi akan tergantung pada seberapa banyak lendir yang terdapat di dalam biji kopi. Beberapa produsen menyimpan sebanyak mungkin pada produk akhir, sementara biji kopi yang lain masih dicuci. Semakin tinggi kandungan Honey, semakin manis rasanya. 

Kami pikir mungkin kamu akan menemukan rasa kopi yang ringan dan manis untuk dinikmati. Proses honey dan pengupasa pulp natural adalah proses lain dalam menghasilkan biji kopi yang siap untuk diseduh. Metode ini ramah lingkungan dan menawarkan banyak manfaat yang juga ekonomis. 

Selain itu, rasanya luar biasa. Jika kamu menyukai secangkir kopi dengan rasa manis untuk dicoba, maka kamu akan sangat menyukai proses natural ini untuk menghasilkan biji kopi. 

Lain kali kamu pergi ke coffee shop favorit kamu, mengapa kamu tidak mencari dan mencoba kopi yang dihasilkan dengan metode ini?. Kamu mungkin baru menemukan kopi baru yang kamu sukai.

Have a great day and stay classy!

No comments:

Post a Comment