Cara Membuat Espresso Menggunakan Moka Pot


Apakah kamu mendambakan secangkir espresso yang luar biasa di rumah tetapi tidak mau berinvestasi pada mesin yang mahal harganya? Jika kamu mencari cara yang terjangkau dan tradisional untuk membuat espresso, gunakan saja alat seduh Moka Pot.

Alat seduh Moka Pot menggabungkan pesona "dunia lama" dengan kebutuhan "dunia baru" akan minuman kopi espresso. Sementara hasil alat seduh Moka Pot mungkin tidak akan sama persis seperti yang akan kamu temukan di coffee shop, setidaknya alat seduh Moka Pot sudah bisa melakukan tugasnya dengan baik.


Jadi tidak perlu berinvestasi pada mesin espresso yang harganya cukup mahal. Dan inilah cara membuat espresso menggunakan Moka Pot tanpa harus menguras isi dompetmu dan cara yang bisa kamu gunakan dengan nyaman di rumah kamu sendiri.

Apa Itu Moka Pot?

Membuat espresso menggunakan Moka Pot adalah perpaduan antara elegan dan juga efisien dalam kesederhanaannya. Moka Pot menelusuri asal-usulnya kembali ke Italia dan berfungsi dengan kecanggihan sederhana yang kamu harapkan dari orang-orang Eropa.

Dengan menggunakan tekanan uap untuk memaksa air lewat melalui saringan, Moka Pot menghasilkan secangkir kopi espresso. Moka Pot diisi dengan air di bagian chamber-nya dan bubuk kopi yang digiling halus ditempatkan pada saringannya tepat di atas air. Setelah dipanaskan, uap terbentuk, memaksa air lewat melalui saringan untuk menciptakan secangkir kopi dengan rasa yang kuat.

Membuat Espresso Menggunakan Moka Pot

Siap mulai membuat espresso menggunakan Moka Pot? Sebelum kita mulai, inilah yang kita butuhkan:
  • Biji kopi 
  • Grinder Kopi (kami sangat merekomendasikan menggunakan Burr Grinder) 
  • Alat Seduh Moka Pot 
  • Handuk Kecil / Lap 
  • Air 
  • Kompor 


Langkah ke-1: Isi Chamber Moka Pot Dengan Air

Isi chamber Moka Pot dengan air bersuhu ruang sampai tepat di bawah valve-nya. Jika kamu mengisi air sampai di atas valve-nya, hal itu akan membuat air menyentuh kopi dan akan mempengaruhi rasanya, jadi pastikan kamu tidak mengisi air terlalu banyak.

Langkan ke-2: Giling Biji Kopimu

Giling biji kopimu di tingkat Fine to Medium (halus namun agak sedikit kasar), dan isi funnel dengan bubuk kopi sesuai dengan ukuran funnel. Sekali lagi, kamu bisa menggunakan grinder burr otomatis untuk menggiling biji kopimu, selalu awali penyeduhanmu dengan kopi yang masih dalam bentuk biji. Jangan menggiling biji kopi terlalu halus karena akan menyumbat proses.

Langkah ke-3: Masukkan Bubuk Kopi Ke Dalam Moka Pot

Masukkan funnel yang sudah terisi dengan bubuk kopi tersebut di atas chamber yang sudah terisi air. Usahakan bubuk kopi untuk tidak melebihi batas saringan dan jangan memadatkan bubuk kopi (hal ini akan membuat terlalu banyak tekanan pada Moka Pot). Kemudian, singkirkan bubuk kopi yang ada di tepi funnel.

Langkah ke-4: Persiapkan Moka Pot

Letakkan pot diatas chamber, kemudian putar dengan erat. Saat mengeratkan pot, pastikan kamu sudah memutarnya dengan erat dengan memegang bagian tengah pot, bukan pada bagian gagangnya saat memutar pot karena kamu bisa mematahkan bagian gagangnya.

Langkah ke-5: Panaskan Moka Pot

Nyalakan kompor pada tingkat nyala api yang pas sesuai pada bagian bawah Moka Pot. Untuk kompor gas, pastikan nyala api tidak lebih besar daripada bagian bawah Moka Pot. Tempatkan Moka Pot di atas kompor sampai air di dalam chamber mendidih dan kopi mulai keluar dari post tengah. Akan ada suara berdeguk saat proses ini. Nikmati waktumu saat Moka Pot mengekstrak espresso yang penuh kaya rasa, didihkan dengan perlahan. Jika tingkat panasnya terlalu tinggi, kopi akan akan memiliki rasa terbakar.

Langkah ke-6: Cek Tingkat Kopi dan Aduk

Ketka bagian atas pot sudah penuh dengan kopi, angkat Moka Pot yang ada diatas kompor. Busa coklat (atau sebut saja crema) hanya muncul beberapa detik saja sebelum kopi selesai diseduh. Sebelum menuang kopi ke dalam cangkirmu, aduk kopi yang ada di dalam pot tersebut dengan sendok kecil.

Langkah ke-7: Sajikan Espresso-mu

Tuangkan kopimu ke dalam cangkir favoritmu dan, yap! secangkir espresso yang kuat untuk minuman espresso favorit kamu sudah jadi. Untuk membersihkannya, cuci dengan air hangat dan keringkan dengan handuk. Pastikan semua bagian benar-benar kering sebelum kamu memasangnya kembali.

Langkah ke-8: Steam Susu Untuk Menambah Kemewahan Espresso-mu

Untuk menambah minuman espresso yang kamu buat menggunakan Moka Pot semakin mewah, panaskan susu ke dalam pitcher stainless steel sampai mengeluarkan busa dan ambil busanya menggunakan dengan sendok kecil. Tuangkan susu yang sudah di steam dan berbusa tersebut di atas espresso yang sudah kamu buat dan sekarang kamu sudah mendapatkan secangkir cafe latte!

Kesimpulan

Setelah kamu memahami prosesnya, pastikan kamu terus menguji dengan berbagai jenis kopi sampai kamu menemukan kombinasi sempurna untuk seleramu. Moka Pot membutuhkan sedikit eksperimen karena ini bukan mesin espresso otomatis, tapi jika kamu ingin membuat secangkir espresso yang benar-benar sempurna, feel yang diberikan Moka Pot membuat waktu dan kesabaran benar-benar menjadi lebih berharga.

Tidak ada yang seperti menikmati secangkir espresso yang luar biasa yang kamu buat dengan kedua tangan kamu sendiri dan Moka Pot hanyalah salah satu dari beberapa cara mudah untuk membuat espresso di rumah.

Have a great day and stay classy!

No comments:

Post a Comment