Cara Alternatif Menggiling Biji Kopi Tanpa Menggunakan Grinder


Jika kamu serius dengan kopimu, kami berani bertaruh kalau kamu memiliki grinder kopi berkualitas tinggi di rumah kamu di tempat yang mudah dijangkau setiap saat setiap hari. Tapi, seperti yang lainnya, grinder kopi itu mekanis dan tidak peduli seberapa hebatnya, grinder kopi juga bisa rusak.

Berapa banyak para pecinta kopi yang berdiri di dapur ketika membuat kopi di pagi hari dengan rasa takut grinder-nya rusak? Tentu saja, mungkin tidak ada masalah dengan grindermu, kamu bisa saja berada di tempat atau diluar rumah tidak membawa grindermu jika kamu sedang bepergian. Apapun alasannya, pada akhirnya berarti kamu tidak bisa menggiling kopimu seperti dirumah untuk membuat pagimu lebih bersemangat.


Hanya karena kamu tidak memiliki grinder, bukan berarti kamu tidak bisa menggiling biji kopi favoritmu sehingga kamu tetap bisa menyeduh secangkir kopi yang nikmat. Ada beberapa metode berbeda yang tersedia yang akan membiarkan kamu tetap menggiling biji kopi favoritmu tersebut sehingga kamu tidak perlu khawatir melewati pagimu tanpa secangkir kopi. Kali ini, mari kita lihat bagaimana cara menggiling biji kopi tanpa menggunakan grinder sehingga kamu tidak perlu khawatir pergi tanpa kopi hanya karena kamu tidak mempunyai grinder atau kamu sedang berada di suatu tempat dengan biji kopi yang ada tapi tidak ada grinder.

Alat-Alat Yang Dibutuhkan

Masing-masing metode yang akan kita lihat di bawah ini mengharuskan kamu memiliki beberapa alat dasar atau peralatan di rumahmu. Jika kamu tidak memiliki beberapa alat dibawah ini, kami khawatir kamu akan mengalami kesulitan untuk menggiling biji kopi tersebut. Pada umumnya, kebanyakan dapur dirumah dilengkapi dengan setidaknya beberapa diantaranya, bahkan jika kamu bukan seorang seniman kuliner sekalipun.

Beberapa alat yang mungkin kamu perlukan adalah (salah satu saja):
  • Cobek atau Alat Tumbuk 
  • Alat Penggiling Daging 
  • Palu dan Kantong Plastik 
  • Rolling Pin 
  • Blender 

Metode Alternatif Penggilingan

Kita membicarakan tentang beberapa cara yang berbeda untuk menggiling biji kopi sehingga kamu bisa menghasilkan secangkir kopi bahkan jika kamu tidak mempunyai grinder kopi yang sebenarnya di dapur rumahmu.

Cobek atau Alat Tumbuk

Ini saatnya kamu menggunakan cobek untuk menumbuk biji kopi. Dalam banyak hal, ini adalah cara terbaik untuk menggiling biji kopimu tapi akan memerlukan sedikit latihan. Pilihan terbaikmmu adalah memulainya dengan jumlah biji kopi yang sedikit. Karena jika terlalu banyak, ada kemungkinan kecil biji kopi agak sulit untuk ditumbuk. Terus hancurkan biji kopimu sampai kamu mencapai tingkat gilingan yang diinginkan sesuai dengan selera kopimu.

Metode ini, meski efektif, memerlukan sedikit latihan untuk mengatasinya, jadi bersiaplah untuk menghancurkan beberapa biji kopi di awal sampai kamu terbiasa menggunakan cobek untuk kopimu.

Alat Penggiling Daging

Beberapa dari kamu yang membaca artikel ini, kami berani bertaruh sebagian dari kalian belum pernah melihat yang namanya alat penggiling daging. Kamu tahu apa yang kami bicarakan? Penggiling jaman dulu ini biasanya dipasang di ujung meja dan sering disekrupkan ke dalamnya sehingga alat itu tidak bisa bergerak dari meja. Alat ini terbuat dari besi logam dan bisa dengan mudah menggiling hampir semua hal yang kamu masukkan ke dalamnya hanya dengan memutar engkol tangannya. Kami yakin beberapa dari kalian pasti memilikinya.

Cukup masukkan biji kopi ke dalam penggiling dan mulailah memutar engkolnya. Kamu mungkin harus menjalankan biji kopi beberapa kali untuk mendapatkan tingkat gilingan yang diinginkan. Dengan sedikit tenaga, kamu akan bisa menyeduh secangkir kopi yang nikmat.


Palu dan Kantong Plastik

Cara hebat lainnya adalah kamu tidak hanya dapat menggiling biji kopimu tapi juga menghilangkan rasa frustrasi atau stress-mu yaitu dengan mengetok-ngetok biji kopi menjadi bubuk kopi menggunakan palu. Ambil kantong plastik dan masukkan biji kopimu ke dalamnya kemudian menutupnya sampai tidak ada udara kecil didalamnya. Kemudian letakkan kantong plastik di antara dua handuk dan lanjutkan untuk menghilangkan semua stres dan frustrasi kamu dengan pukulan yang bagus dengan kekuatan ayunan yang relatif sama.

Namun, kami juga harus memperingatkan kamu bahwa agak sulit untuk menggiling biji kopi dengan menggunakan metode ini. Tentu saja jika kamu tidak memiliki pilihan lain yang tersedia, hal ini pasti akan membantu kamu.

Rolling Pin

Jika kamu berharap untuk mendapatkan bubuk kopi yang lebih rata lagi tanpa menggunakan grinder, satu trik pasti yang satu ini adalah menggunakan rolling pin dengan memutar biji kopi dengan sempurna. Sebelumnya, tempatkan biji kopi di dalam freezer, kemudian ambil kantong plastik dan masukkan biji kopimu ke dalamnya.

Mulailah menggulung rolling pin di atas biji kopimu untuk mulai menghancurkannya dan terus berputar-putar di atas biji kopi sampai kamu mencapai tingkat gilingan yang kamu inginkan. Jika kamu memang kebetulan tidak mempunyai rolling pin di dapur rumahmu, kamu bisa mencobanya menggunakan botol kaca yang kokoh seperti botol kecap atau bahkan botol sirup bekas sekalipun.

Blender

Kamu tidak perlu meragukan kemampuan blender saat kamu ingin menggiling biji kopimu tanpa grinder kopi. Sebenarnya, kamu bisa mengambil jalan yang mudah dengan menggunakan blender yang sudah kamu miliki dirumah. Blender itu bukan hanya untuk membuat smoothies yang lezat atau milkshake saja.

Cukup masukkan biji kopimu ke dalam blender dan blend sampai menjadi bubuk. Jangan sampai blend terlalu lama karena akan menghasilkan bubuk yang terlalu halus yang akan menghasilkan secangkir kopi menjadi terlalu pahit.

Tanya Temanmu

Jika alat-alat diatas sangat jarang ditemui dirumahmu, kamu selalu dapat mencoba memanggil temanmu yang juga mencintai kopi. Mereka mungkin akan meminjamkan grinder yang mereka punya atau bahkan temanmu akan membiarkan kamu datang kerumahnya untuk menggilingkan biji kopimu dirumahnya.

Jika kamu tidak mempunyai terman yang memiliki tingkat kecanduan kopi yang sama denganmu, kamu bisa datang ke coffee shop terdekat. Kami merekomendasikan kamu sering mendatanginya sehingga barista disana juga bisa mengenal kamu. Barista mungkin bersedia menggilingkan biji kopi untuk kamu dan beberapa coffee shop mungkin juga menawarkan layanan penggilingan dengan biaya yang terhitung murah.

Kesimpulan

Ada banyak alasan mengapa kamu mungkin tidak bisa menggiling biji kopi favoritmu. Tapi terlepas dari alasannya, penting bagi kamu untuk mengetahui bahwa kamu bukannya tidak ada pilihan. Sementara kamu bisa saja menyerah dan menuju ke coffee shop terdekat, dengan sedikit kecerdikan dan kesabaran, kamu bisa menggiling biji kopi favoritmu dan menikmati secangkir kopi yang sempurna dalam kenyamanan rumahmu sendiri.

Bersyukurlah, ada beberapa cara berbeda yang bisa kamu lakukan. Sementara masing-masing metode yang kita diskusikan memerlukan alat khusus dari dapur dirumahmu, kebanyakan dapur dirumah harus memiliki setidaknya satu atau dua dari perlengkapan diatas.

Bila kamu menggilingnya sendiri tanpa grinder, kami jamin kamu akan bangga pada diri kamu sendiri, dan sekarang kamu telah menemukan MacGyver yang ada di dalam diri kamu, bisa melakukan apapun dengan akalnya.

Have a great day and stay classy!

No comments:

Post a Comment