Perbedaan Antara Proses Kopi Washed, Semi-Washed dan Unwashed


Kebanyakan orang sangat malas sekali membeli biji kopi di coffee shop kemudian menggunakan filter kopinya sendiri di setiap paginya dan sangat malas menyeduh secangkir kopinya yang sebenarnya dapat membuat harinya lebih bersemangat. Tetapi kamu berbeda. Kamu telah memilih untuk membuka matamu pada dunia tentang kopi disekitarmu sehingga kamu bisa mendapatkan pengalaman seni yang sesungguhnya dalam pertumbuhan, persiapan dan penyeduhan kopi. Ini sangat baik untuk kamu. Kamu akan mendapatkan tingkat pengalaman dari kenikmatan ketika meminum kopi yang hanya beberapa orang terpilih yang akan mendapatkannya.

Setelah kamu meluangkan sedikit waktu untuk mendalami dan mempelajari tentantang kopi, kamu akan segera menemukan bahwa ada beberapa cara untuk mempersiapkan kopi jauh sebelum kopi itu dimasukkan kedalam coffee bag untuk kamu bawa pulang ke rumah. Pada kenyataannya, ada banyak cara yang berbeda untuk menyiapkan kopi dengan dua metode persiapan yang utama yaitu Washed Coffee dan Unwashed Coffee. Masing-masing dari metode ini membawa kelebihan dan kelemahannya sendiri pada kopi yang kamu buat dan sangat mempengaruhi rasa kopimu jauh sebelum kopi itu sampai pada alat seduhmu.

Memahami Biji Kopi

Pertama, ini adalah hal yang sangat penting untuk memahami biji kopi apa yang kamu gunakan dan bagaimana cara mempersiapkannya. Sedikit memahami tentang proses ini setidaknya dapat membantu kamu mengerti mengapa setiap kopi rasanya berbeda-beda dari biji kopi yang satu dengan biji kopi yang lainnya dan juga dapat membantu kamu dalam memprediksi bagaimana beberapa kopi bisa mempunyai beraneka ragam rasa ketika kamu masuk kedalam dunia kopi untuk mencoba kopi yang baru dan menarik.

Kopi sebenarnya adalah buah, bukan biji seperti kebanyakan orang percayai. Ceri kopi biasanya adalah buah berwarna merah atau kuning mengandung dua biji yang dikelilingi oleh lapisan lembut bergetah dan kulit tipis yang dikenal sebagai Parchment. Pengolahan kopi dimulai dengan buah ceri yang dipanen dari tanaman. Setelah dipanen, biji harus dipisahkan dari buah ceri dengan tanpa kehilangan aroma yang terkandung di dalam lendir tersebut.

Washed Coffee


Washed Coffee, juga disebut sebagai Wet Process (Proses Basah), ceri kopi di dilumas (pulped) oleh mesin yang disebut sebagai Pulper. Ada kejutan besar disana. Ini berarti bahwa lapisan kulit luar akan dibuang. Setelah lapisan luar ini sudah dibuang, biji dengan getahnya kemudian difermentasi di dalam air setidaknya pada satu atau dua hari dan terkadang juga lebih lama. Setelah proses fermentasi, biji kemudian dicuci dari getahnya setelah itu mengeluarkan aromanya.

Dari semua metode pengolahan kopi, metode ini sering menghasilkan kopi dengan kualitas terbaik. Namun, metode ini membutuhkan banyak keterampilan dan banyak air untuk melakukannya dengan benar. Beberapa kopi terbaik di dunia (dan seringkali paling mahal) dibuat dengan menggunakan proses ini.

Unwashed Coffee


Unwashed Coffee, juga disebut sebagai Natural Process (Proses Alami) atau Dry Proses (Proses Kering), ini adalah apa yang kami sebut pendekatan klasik dalam persiapan kopi. Pada dasarnya, ini adalah metode persiapan tertua yang telah digunakan selama ratusan tahun lalu. Dalam proses ini, pertama ceri kopi dicuci kemudian dijemur atau dikeringkan dibawah sinar matahari. Setelah proses pengeringan selesai, benih hijau kemudian dikeluarkan dari fermentasi dan dikeringkan.

Pembuangan biji adalah proses yang paling sulit dan berisiko ketika memproduksi kopi menggunakan metode ini karena ada sedikit kontrol pada proses pembuangan biji. Namun, proses ini masih tidak memerlukan ketrampilan sebanyak Washed Process yang berarti proses ini jauh lebih mudah dan banyak digunakan di kalangan produsen kopi di seluruh dunia.

Semi-Washed Coffee


Menggunakan metode Semi-Washed, aspek dari metode Washed dan Unwashed yang digabungkan. Dalam proses ini, kulit luar dibuang, tetapi pulpa (pulp) dibiarkan saja dan dijemur atau dikeringkan dibawah sinar matahari. Setelah proses pengeringan selesai, seringkali pulp basah dan kemudian biji dikeluarkan seperti pada Dry Process.


Perbedaan Rasa

Sementara bagaimana kamu mempersiapkan kopimu pastinya mempengaruhi kopimu ketika dicicip, bagaimana biji kopi disiapkan sebelum di roasting dan diseduh merupakan faktor kontribusi terbesar terhadap rasa kopi yang kita buat setiap hari. Mungkin ini akan mengejutkan kamu ketika kamu mencicip perbedaan dalam pengolahan kopi pada metode Washed dan Unwashed. Setiap produsen kopi sudah pasti akan mengklaim bahwa metode mereka adalah yang terbaik, tetapi dalam pengalaman kami kedua metode tersebut membawa variasi yang indah ke dalam kopi yang kita tuangkan pada secangkir kopi kita di pagi hari.

Metode Washed

Ini adalah proses yang relatif baru untuk menyiapkan kopi ketika kamu melihat sejarah panjang hubungan cinta antara manusia dengan kopi. Proses ini sering menciptakan biji yang lebih bersih, lebih segar dan rasanya lebih pada rasa buah daripada metode Unwashed. Jika kamu lebih menyukai kopi yang sedikit lebih banyak sisi asam (Acidic), mencari biji kopi yang disiapkan dengan menggunakan metode Washed sangatlah penting.

Metode Unwashed

Metode Unwashed, yang juga dikenal sebagai Dry Process, menciptakan kopi yang berat (Heavy) pada body namun tetap manis dan sangat halus dan kompleks. Dalam kebanyakan kasus, negara yang memiliki iklim sangat kering seperti di Indonesia, Ethiopia dan Brazil menggunakan metode ini. Negara-negara ini memiliki banyak sinar matahari untuk memastikan bahwa biji dikeringkan dengan benar dibandingkan dengan daerah lainnya.

Metode Semi-Washed

Kesepakatan umum adalah metode Unwashed menghasilkan kopi yang lebih berani (Bold) dengan body yang lebih dan peningkatan kompleksitas, sementara metode Washed menghasilkan asam yang lebih banyak dengan kejernihan yang ditingkatkan. Biji-biji yang dibuat menggunakan proses Semi-Washed adalah upaya untuk menggabungkan yang terbaik dari kedua dunia dari metode ini yang seringkali memberikan kopi yang lebih bold dengan peningkatan keasaman (Acidity) ketika dibandingkan dengan metode lainnya.

Kesimpulan

Jika kamu datang pada postingan ini dengan harapan untuk menemukan mana jenis kopi yang lebih baik, kami khawatir kamu akan membaca ini tanpa mendapatkan jawaban yang kamu harapkan. Begini, pada akhirnya semua akan kembali lagi kepada selera pribadi kamu. Baik metode Washed dan Unwashed dapat menciptakan biji kopi yang benar-benar luar biasa yang memberi body yang cukup dan rasa yang mengesankan bahkan pecinta kopi yang kritis sekalipun. Tapi, seperti segala sesuati di dalam hidup, tidak semua orang akan setuju. Beberapa akan lebih menyukai rasa yang lebih terasa buah (Fruiter) yang dibawa oleh metode Washed sementara yang lainnya akan menikmati kopi yang manis dengan full body yang dihasilkan oleh metode Unwashed.

Sementara kedua proses yang berbeda ini sangat berbeda satu dengan yang lain, ada satu hal kesamaan umum yang dimiliki, dan tentu saja kami tidak berbicara tentang biji kopi. Kedua metode persiapan imi dapat menciptakan pengalaman yang benar-benar unik dan pengalaman kopi yang luar biasa yang akan menyenangkan selera kamu dan membuat kamu kembali untuk mencoba lagi dan lagi juga hari demi hari. Jika kamu ingin mencari kopi dengan rasa terbaik menggunakan metode-metode ini, kami lebih mengajak kamu untuk keluar dan berkesperimen. Cobalah kopi yang dibuat menggunakan kedua metode dan lihat mana rasa yang menyenangkan seleramu atau yang membuat kamu berwajah asam saat kamu meminumnya. Mungkin kamu menemukan bahwa kamu lebih menyukai metode yang satu dengan metode yang lainnya, atau kamu mungkin menikmati keduanya dan lebih menghargai perbedaan-perbedaan kecil yang dibawa oleh setiap proses metode pada secangkir kopi yang kamu minum.

Have a great day and stay classy!

No comments:

Post a Comment