Bagaimana Cara Mengukur Kopi dan Air Dengan Sempurna?

Untuk membuat secangkir kopi yang konsisten setiap saat, sangat penting untuk kamu mengembangkan kebiasaan untuk akurasi pengukuran. Untuk melakukannya, tidak ada pengganti untuk sebuah scale (timbangan) yang mengukur dalam satuan gram. Dengan menggunakan scale, kamu bisa mengukur air, biji maupun bubuk kopi.

Rasio yang kami rekomendasikan antara air dan kopi adalah 500 gram (atau mililiter) untuk setiap 30 gram biji kopi. Jangan ragu untuk bereksperimen, tapi rasio yang kami berikan ini dapat menghasilkan secangkir kopi yang bisa diterima oleh orang-orang pada umumnya.

Apa Saja Yang Kamu Butuhkan Untuk Mengukur Kopi
  • Digital Scale (Timbangan Digital)
  • Air
  • Kopi

1. Pengukuran Air

Letakkan kettle (teko) yang masih kosong diatas scale dan tekan tombol 'tare'. Ini akan me-reset angka pada scale menjadi nol. Kemudian, tambahkan air perlahan ke ke dalam kettle dan lihat timbangan hingga mencapai angka 500.

Tips: Jika kamu berencana untuk mendidikan air, kamu bisa menambahkannya lebih sedikit untuk mengkompensasi penguapan air.  

2. Pengukuran Biji

Gunakan mangkuk atau gelas atau wadah yang bersih dan letakkan diatas scale. Tekan tombol 'tare'. Kemudian, masukkan biji sampai kamu mencapai angka 30 gram.

3. Panaskan, Giling dan Seduh

Sekarang kamu telah memiliki jumlah air dan kopi yang sempurna, Dan ini saatnya kamu memulai penyeduhan.

Pertama, menyeduh tanpa sebuah alat seduh drip otomatis bisa menjadi menakutkan. Terutama untuk kita yang cenderung kurang matematis, berpatokan dengan rasio bisa saja menjadi masalah. Untuk referensi, lihat tabel yang kami berikan dibawah ini sebagai titik awal, dan sesuaikan rasio sesuai dengan keinginanmu saat kamu akan menyeduh kopi kedepannya.

Tabel Rasio Penyeduhan Kopi


Preferensi dan metode penyeduhan yang berbeda akan memaksa kamu untuk menggunakan pengukuran yang berbeda juga. Perjalananmu menyusuri "kisah" biji kopi akan menghasilkan berbagai macam pendekatan yang berbeda, jadi jangan ragu untuk selalu bereksperimen. Pada akhirnya, hanya kamu yang bisa memutuskan secangkir kopi terbaik buatanmu.

Selamat berekperimen!

Have a great day and stay classy! 

No comments:

Post a Comment