Cara Menyeduh Kopi Menggunakan French Press


Mudah penyeduhannya dan hasilnya konsisten, French Press sangat handal. Desainnya klasik dan dirancang dengan baik yang tidak banyak berubah sejak penemuannya pada tahun 1929, dan sangat sempurna untuk membuat beberapa cangkir kopi yang heavy-bodied dalam 4 menit.

Total Waktu Penyeduhan: 4 Menit

Apa Yang Kamu Butuhkan:

  • Alat seduh French Press
  • Grinder
  • 56g kopi (sekitar 8 Sendok Makan)
  • Air panas mendidih secukupnya (sekitar 96°C)
  • Sendok kayu atau paddle kopi
  • Scale (Timbangan)
  • Timer
  • Gelas Mug

Saatnya mulai menyeduh!

1. Hangatkan French Press

Hangatkan French Press kosong-mu dengan membilasnya menggunakan air yang sangat panas. Hal ini akan membantu menjaga suhu saat penyeduhan untuk ekstraksi terbaik.

2. Timbang dan Giling

Timbang 56g kopi (sekitar 8 Sendok Makan) dan giling kopi di tingkat Coarse seperti ramahan roti.

3 Tambahkan Air

Sekarang French Press kamu sudah menghangat, buang air panasnya dan tambahkan kopi ke dalam French Press kosong. Mulai timer kamu dengan segera setelah kamu menambahkan air panas. Isi sampai setengah hingga membasahi seluruh bubuk kopi, pastikan bahwa tidak ada bubuk kopi yang belum dibasahi.

4. Aduk

Pada 1:00, gunakan sendok kayu atau paddle kopi untuk memecah lapisan atas yang kita sebut sebagai "crust". Kami lebih menyarankan kamu untuk menggunakan sendok kayu dan bukan berbahan logam sehingga French Press kamu tidak mudah retak atau pecah. Aduk dengan baik.

5. Tambahkan Air Lagi

Sekarang, isi dengan air sepenuhnya sampai ke bagian atas. Letakkan plunger diatasnya dan biarkan kopi terseduh tanpa menekan plunger ke bawah.

6. Tekan

Pada waktu 4:00, kamu siap untuk menekan plunger. Dorong plunger dengan baik ke arah bawah.

7. Sajikan dan Nikmati

Sajikan. Tuang kopi ke dalam carafe atau wadah lain seperti teko dengan segera untuk menghindari ekstraksi berlebih. Jika kopi didiamkan bercampur terlalu lama dengan bubuk kopi, ini akan melanjutkan masa ekstraksi dan kopi akan menjadi lebih pahit. Untuk membersihkan French Press, akan lebih mudah untuk menambahkan sedikit air ke dalam French Press, aduk dengan baik, dan buang ke tempat sampah atau plastik sampah.

Have a great day and stay classy! 

No comments:

Post a Comment